Pengertian, Fungsi, Tujuan, Tingkat, Jenis dan Unsur Manajemen Menurut Para Ahli – Secara etimologi, kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang berarti “seni melaksanakan dan mengatur dan bahasa Inggris yaitu “Manage” yang berarti mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin. Manajemen dapat diartikan sebagai seni melaksanakan dan mengatur.
Pengertian manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Pengertian manajemen secara umum adalah suatu ilmu atau seni yang digunakan untuk mengorganisir, merencanakan, mengarahkan dan mengawasi usaha-usaha yang dilakukan oleh anggota organisasi untuk mencapai sebuah tujuan organisasi dengan cara bersama-sama dan sumber daya yang dimiliki organisasi.
Pengertian Manajemen Menurut Ahli
Encylopedia of the Social Science
Menurut Encylopedia of the Social Science, manajamen adalah proses yang dalam pelaksanaan tujuanya ,direncanakan, dilaksanakan serta diawasi.
George R. Terry
Menurut George R. Terry, manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain. Manajemen ialah wadah didalam ilmu pengetahuan, sehingga manajemen bisa dibuktikan secara umum kebenarannya.
Ricky W. Griffin
Menurut Ricky W. Griffin, manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Mary Parker Follet
Menurut Mary Parker Follet, manajemen adalah suatu seni, tiap tiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
James A.F Stoner
Menurut James A.F Stoner, manajemen adalah proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota entitas/organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Eiji Ogawa
Menurut Eiji Ogawa, manajemen adalah perencanaan, pengimplementasian, serta pengendalian dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh setiap perusahaan atau organisasi dengan menetapkan setiap sasaran yang disempurnakan sesuai dengan kondisi (fleksibel).
Prajudi Atmosudirdjo
Menurut Prajudi Atmosudirdjo, manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.
Manullang
Menurut Manullang, manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan terhadap sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Joseph Massie
Menurut Joseph Massie, manajemen adalah proses dimana kelompok yang saling bekerjasama mengarahkan tindakannya ke arah tujuan bersama.
Karnadi Wargasasmita
Menurut Karnadi Wargasasmita, manajemen adalah mengatur, mengurus, memimpin, dan mengawasi pekerjaan-pekerjaan ke arah tujuan usaha.
Fungsi Manajemen
Fungsi manajemen diantaranya yaitu:
Fungsi Perencanaan (Planning)
Perencanaan merupakan proses awal yang digunakan untuk menetapkan tujuan dan visi organisasi dalam perusahaan sebagai langkah awal berdirinya sebuah organisasi. Dalam fungsi inni identik dengan penyusunan strategi, standar , serta arah dan tujuan dalam mencapai tujuan perusahaan.
Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
Fungsi ini merupakan hubungan bagaimana mengatur sumber daya baik manusia maupun fisik supaya tersusun secara sistematis berdasarkan fungsinya masing-masing. Dengan kata lain. fungsi ini lebih menekankan tentang bagaimana mengelompokkan orang dan sumber daya agar dapat menyatu.
Fungsi Pengarahan (Directing)
Fungsi ini lebih menekankan pada upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja dengan optimal. Mulai dari pemberian bimbingan kerja, pemberian motivasi, menjelaskan tugas rutin dan lainnya.
Fungsi Pengendalian
Fungsi ini lebih menekankan pada sebuah evaluasi dan penilaian atas kinerja yang selama ini dilakukan dan berjalan. Dengan fungsi ini akan terlihat apakah terdapat suatu hambatan atau tidak dalam proses mencapai tujuannya.
Tujuan Manajemen
Adapun tujuan manajemen diantaranya yaitu:
- Melaksanakan dan mengevaluasi strategi yang dipilih secara efektif dan efisien.
- Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan mengkaji ulang situasi serta melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi jika terdapat penyimpangan di dalam pelaksanaan strategi.
- Senantiasa memperbaharui strategi yang dirumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
- Senantiasa meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman peluang yang ada.
- Senantiasa melakukan inovasi atas kegiatan sehingga kita hidup kita lebih teratur.
Tingkat manajemen
Tingkatan manajemen dalam organisasi dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu
Top Management, yaitu jenjang tertinggi atau sering disebut dengan manajer senior, eksekutif kunci. Top Management memiliki tanggung jawab atas kebijakan-kebijakan dan strategi-strategi perusahaan yang kemudian diterjemahkan secara lebih spesifik oleh manajer di atasnya.
Middle Management, yaitu tingkatan manajemen yang memiliki tugas mengawasi beberapa unit kerja dan menerapkan rencana yang sesuai dengan tujuan dan tingkatan yang lebih tinggi dan melaporkannya kepada top management.
Lower Management, yaitu tingkatan paling bawah dalam sebuah organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Lower management lebih dikenal sebagai istilah Operasional, mandor, supervisior, dan kepala seksi.
Prinsip Manajemen
Menurut henry Fayol prinsip manajemen ada 14 poin, diantaranya yaitu:
- Pembagian Kerja (Division of Labour)
- Wewenang dan Tanggung Jawab (Authority and Responsibility)
- Disiplin (Dicipline)
- Kesatuan Perintah (Unity of Command)
- Kesatuan Arah (Art of Direction)
- Meletakkan kepentingan Organisasi dari pada kepentingan sendiri (Sub Ordination of Individual Interest to
- General Interest)
- Balas Jasa/Pemberian Upah (Remuneration)
- Sentralisasi/Pemusatan (Centralization)
- Hierarki
- Ketertiban (Order)
- Keadilan dan Kejujuran (Equity)
- Stabilitas Kondisi Karyawan
- Inisiatif (Initiative)
- Semangat Kesatuan, Semangat Korps
Jenis Bidang Manajemen
Berikut ini jenis-jenis bidang manajemen diantaranya yaitu:
- Manajemen Keuangan, yaitu manajemen yang bertujuan untuk mengatur kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.
- Manajemen Waktu, yaitu manajemen yang bertujuan untuk perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas waktu.
- Manajemen Pemasaran, yaitu manajemen yang bertujuan untuk pengembangan produk, komunikasi dan promosi, strategi distribusi, penetapan harga dari produk dan pemberian pelayanan untuk memenuhi, dan memuaskan kebutuhan konsumen.
- Manajemen Sumber Daya Manusia, yaitu manajemen yang bertujuan untuk mengatur hubungan dan peranan sumber daya yang dimiliki dan menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan
- Manajemen Strategi, yaitu manajemen yang bertujuan untuk menyusun, menerapkan dan mengevaluasi keputusan dan tindakan yang dapat digunakan untuk menformulasikan serta mengimplementasikan strategi
- Manajemen Administrasi Perkantoran, yaitu manajemen yang bertujuan untuk memberikan informasi layanan bidang administrasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan memberi dampak kelancaran pada bidang lainnya yang mencakup ruang lingkup perusahaan.
- Manajemen Produksi , yaitu salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengoordinasi kan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan
- Manajemen Pengetahuan, yaitu kumpulan perangkat, teknik, dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisasi, meningkatkan, dan membagikan pengertian, pengetahuan dan pengalaman.
- Manajemen Resiko, yaitu manajemen yang bertujuan untuk menemukan kerugian potensial, evaluasi kerugian potensial dan memilih metode pengelolaan
- Manajemen Proses, yaitu manajemen yang bertujuan untuk Pembuatan atau pengahapusan proses yang di buat oleh user atau system, suspensi dan asumsi, kelengkapan mekanisme untuk sinkronasi proses, kelengkapan mekanisme untuk komunikasi proses, kelengkapan mekanisme untuk pengendalian deadlock.
- Manajemen Pendidikan, yaitu bagian dari proses pemanfaatan semua sumber daya melalui orang lain, serta bekerja sama dengannya, Proses ini dilaksanakan untuk satu tujuan bersama dengan efektif, serta efesien juga produktif.
- Manajemen Stres, yaitu kemampuan penggunaan sumber daya (manusia) secara efektif untuk mengatasi gangguan atau kekacauan mental dan emosional.
Unsur Manajemen
Berdasarkan unsurnya, manajemen dibagi menjadi 6 yaitu:
- Manusia (Man)
- Uang (Money)
- Bahan (Material)
- Mesin (Machines)
- Metode (Methods)
- Pasar (Markets)
Itulah artikel tentang Manajemen : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Tingkat, Jenis dan Unsur Manajemen Lengkap . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat