Pengertian, Ciri, Fungsi dan Macam-Macam Jenis Pasar Menurut Para Ahli – Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur tempat usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah.
Lebih lengkapnya, pengertian pasar adalah sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi ekonomi seperti jual beli atau jasa.
Pengertian pasar tidak merujuk pada sebuah lokasi atau tempat tertentu, karena pasar tidak memiliki batas geografis. Hal ini juga berkaitan dengan adanya sistem jaringan komunikasi modern yang meniadakan batasan geografis, sehingga kegiatan tersebut memungkinkan antara penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi tanpa saling melihat wajah satu sama lain, contohnya berbelanja secara online.
Pengertian Pasar Menurut Para Ahli
William J.Stanton
Menurut William J.Stanton, Pasar adalah sekumpulan orang yang memiliki keinginan untuk puas, uang yang digunakan untuk berbelanja, serta memiliki kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.
Kotler dan Amstrong
Menurut Kotler dan Amstrong, Pasar adalah seperangkat pembeli aktual dan juga potensial dari suatu produk atau jasa. Ukuran dari pasar itu sendiri tergantung dengan jumlah orang yang menunjukkan tentang kebutuhan, mempunyai kemampuan dalam bertransaksi. Banyak pemasar yang memandang bahwa penjual dan pembeli sebagai sebuah pasar, dimana penjual tersebut akan mengirimkan produk serta jasa yang mereka produksi dan juga guna menyampaikan atau mengkomunikasikan kepada pasar. Sebagai gantinya, mereka akan mendapatkan uang dan informasi dari pasar tersebut.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Menurut KBBI, pasar adalah tempat sekumpulan orang melakukan transaksi jual-beli. Pasar merupakan sebuah tempat untuk jual beli yang diadakan oleh sebuah organisasi atau perkumpulan dan sebagainya dengan maksud untuk dapat mencari derma.
Ciri-Ciri Pasar
Adapun ciri ciri atau karakteristik pasar diantaranya yaitu:
- Adanya penjual dan pembeli.
- Adanya jasa atau barang yang akan diperjualbelikan.
- Adanya permintaan serta tawar menawar.
- Adanya interaksi antara penjual dan pembeli.
- Terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli.
Fungsi Pasar
Pasar berperan penting dalam perekonomian suatu negara. Adapun fungsi pasar, diantaranya yaitu:
- Fungsi pembentukan harga, yaitu pasar sebagai tempat dalam menentukan harga atau nilai suatu barang, hal tersebut dikarenakan pasar merupakan bertemunya penjual dan pembeli yang saling berinteraksi atau saling tawar menawar sehingga memunculkan suatu kesepakan harga.
- Fungsi Distribusi, yaitu pasar memudahkan produsen dalam mendistribusikan barang kepada konsumen secara langsung.
- Fungsi promosi, yaitu pasar menjadi tempat yang paling cocok bagi produsen untuk memperkenalkan barang secara langsung dengan konsumennya.
Jenis-Jenis Pasar
Macam-macam jenis pasar dibedakan menjadi beberapa bentuk, diantaranya yaitu:
Jenis pasar berdasarkan sifat dan waktu terjadi, diantaranya yaitu:
- Pasar harian, yaitu jenis pasar yang dilaksanakan setiap hari. Contohnya: pasar tanah abang.
- Pasar mingguan, yaitu jenis pasar yang hanya dilaksanakan satu minggu sekali. Contohnya pasar senin.
- Pasar tahunan , yaitu jenis pasar yang hanya dilakukan satu kali dalam setahun. Contohnya Pasar Raya Jakarta (PRJ).
- Pasar tempores, yaitu jenis pasar yang dilaksanakan pada waktu yang kapan-kapan bisa terjadi. Contohnya bazar dan pasar murah.
Jenis pasar berdasarkan wujudnya, diantaranya yaitu:
- Pasar konkret (pasar nyata), yaitu jenis pasar tempat terjadinya hubungan secara langsung antara penjual barang dengan calon pembeli. Contohnya: pasar tradisional, mall dan swalayan.
- Pasar abstrak (pasar tidak nyata), yaitu jenis pasar dimana antara pembeli dan penjual bertemu, namun barang yang diperjualbelikan tidak secara langsung. Contohnya pasar modal.
Jenis pasar berdasarkan luas jangkauannya, diantaranya yaitu:
- Pasar lokal, yaitu jenis pasar yang pelaksanaannya dalam bentuk lokal atau daerah tertentu.
- Pasar output, yaitu jenis pasar yang memperjualbelikan barang-barang hasil produksi dalam bentuk jadi.
Jenis pasar berdasarkan bentuknya, diantaranya yaitu:
- Pasar persaingan sempurna (Perfect Competition Market), yaitu jenis pasar yang antara penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga, dengan kata lain harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran mencerminkan keinginan produsen.
- Pasar persaingan tidak sempurna (Inperfect Competition Market), yaitu pasar dimana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar. Ada 3 jenis pasar persaingan tidak sempurna diantaranya pasar monopoli, oligopoli, monopolistis.a. Pasar monopoli adalah pasar yang bertindak sebagai penentu harga (price market).
b. Pasar oligopoli adalah adalah suatu pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan
c. Pasar monopolistis adalah suatu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang dengan jenis yang berbeda.
Itulah artikel tentang Pasar : Pengertian, Ciri, Fungsi dan Jenis-Jenis Pasar Menurut Para Ahli Lengkap . Semoga bermanfaat.