Pengertian, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan serta Contoh Pasar Persaingan Sempurna – Pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah konsumen dan produsen yang sangat banyak dan tidak terbatas.
Pengertian pasar persaingan sempurna adalah salah satu bentuk pasar yang terdiri dari banyak penjual dan pembeli, tetapi penjual dan pembeli secara individual tidak bisa mempengaruhi harga pasar. Dalam pasar persaingan sempurna harga yang terbentuk merupakan cerminan dari keinginan penjual dan pembeli secara keseluruhan atau bersama-sama.
Dalam pasar persaingan sempurna ada banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar atau pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak sehingga tidak ada satupun penjual dan pembeli yang bisa mempengaruhi harga.
Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna
Adapun ciri ciri atau karakteristik pasar persaingan sempurna diantaranya yaitu:
- Barang, produk atau jasa yang disediakan bersifat homogen atau kesamaan jenis.
- Penjual dan pembeli berjumlah banyak.
- Penjual bersifat pengambil harga yang telah ditentukan (price taker).
- Kondisi pasar bersifat sensitif terhadap perubahan pasar yang dipengaruhi permintaan dan penawaran.
- Harga ditentukan oleh pasar.
- Antara penjual dan pembeli sama-sama memiliki informasi lengkap tentang pasar.
- Semua perusahaan bebas dan mudah untuk keluar masuk pasar karena pengaruh mobilitas yang tidak terbatas dan tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk memindahkan faktor produksi..
- Tidak ada campur tangan pemerintah.
Kelebihan dan Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna
Kelebihan pasar persaingan sempurna, diantaranya yaitu:
- Tidak ada yang tersaingi.
- Penjual tidak membutuhkan iklan.
- Harga tidak ditentukan oleh satu penjual atau satu pembeli. Harga ditentukan oleh transaksi tawar menawar
- antara penjual pembeli.
- Pembeli dan penjual bertindak bebas.
Kelemahan atau kekurangan pasar persaingan sempurna, diantaranya yaitu:
- Tidak ada dana untuk melakukan penelitian atau pengembangan produk.
- Terbatasnya kebebasan untuk memilih bagi pembeli.
- Pekerja menerima upah atau gaji rendah.
- Distribusi pendapatan yang tidak merata atau tidak seimbang.
Contoh Pasar Persaingan Sempurna
Berikut ini beberapa contoh pasar persaingan diantaranya:
- Pasar hasil pertanian.
- Pasar sayur.
- Pasar buah.
- Pasar sembako.
Di dalam pasar-pasar tersebut, penjual secara individual tidak bisa mempengaruhi harga dalam pasar untuk menentukan harga sendiri. Karena apabila mereka menjual barang dengan harga murah maka akan mengalami kerugian, sedangkan jika menjual dengan harga tinggi maka barang tidak laku. Sehingga penjual harus mengikuti harga pasar yang sudah ditentukan bersama.
Itulah artikel tentang Pasar Persaingan Sempurna : Pengertian, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan serta Contoh Pasar Persaingan Sempurna Lengkap . Semoga bermanfaat.