Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Proses dan Tahapan Manajemen Strategi Menurut Para Ahli – Manajemen Strategi (Strategic Management) merupakan keputusan dan tindakan yang dapat digunakan untuk menformulasikan serta mengimplementasikan strategi yang memiliki daya saing yang tinggi yang sesuai dengan perusahaan maupun lingkungan untuk mencapai target atau sasaran dari organisasi.
Pengertian manajemen strategi adalah ilmu dalam penyusunan, penerapan dan pengevaluasian untuk keputusan fungsional yang bisa memungkinkan perusahaan mencapai tujuannya.
Definisi manajemen strategis adalah seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan, manajemen strategis berfokus pada proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi.
Manajemen strategi juga dapat diartikan sebagai suatu proses atau rangkaian kegiatan pengambilan suatu keputusan yang memiliki sifat mendasar dan menyeluruh, disertai dengan penetapan cara melaksanakannya yang dibuat oleh pemimpin lalu diterapkan semua jajaran yang ada dalam suatu organisasi untuk mencapai target atau sasarannya.
Pengertian Manajemen Strategi Menurut Para Ahli
Mulyadi (2001:40)
Menurut Mulyadi, Manajemen strategi adalah suatu proses yang digunakan oleh manajer dan karyawan untuk merumuskan dan mengimplementasikan strategi dalam penyediaan costumer value terbaik untuk mewujudkan visi organisasi.
Bambang Haryadi (2003:3)
Strategi Manajemen adalah suatu proses yang dirancang secara sistematis oleh manajemen untuk merumuskan strategi, menjalankan strategi dan mengevaluasi strategi dalam rangka menyediakan nilai yang terbaik bagi seluruh pelanggan untuk mewujudkan visi organisasi.
Thomas Wheelen dkk (2010:105)
Menurut Thomas Wheelen dkk, Manajemen strategi adalah serangkaian dari pada keputusan manajerial dan kegiatan yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang. Kegiatan tersebut terdiri dari perumusan/perencanaan strategi, pelaksanaan/implementasi dan evaluasi.
David (2011:6)
Menurut David, Manajemen strategi adalah seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mencapai tujuan.
Tujuan Manajemen Strategi
Secara umum, tujuan manajemen strategi diantaranya yaitu:
- Untuk menjalankan dan mengevaluasi strategi yang telah dipilih secara efektif dan secara efisien.
- Untuk mengevaluasi kinerja, meninjau, mengkaji ulang, melakukan penyesuaian dan mengoreksi jika terdapat kesalahan atau penyimpangan dalam pelaksanaan strategi.
- Untuk memperbaharui strategi yang dirumuskan supaya sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
- Untuk meninjau kembali dari kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman bisnis yang ada.
- Untuk dapat melakukan inovasi atas produk atau barang supaya sesuai dengan selera dari konsumen.
Sedangkan menurut Suwandiyanto (2010:02), tujuan manajemen strategi diantaranya:
- Memberikan arah pencapaian tujuan organisasi/perusahaan.
- Membantu memikirkan kepentingan berbagai pihak.
- Mengantisipasi setiap perubahan kembali secara merata.
- Berhubungan dengan efisiensi dan efektivitas.
Fungsi dan Manfaat Manajemen Strategi
Fungsi dan manfaat manajemen strategi yaitu:
- Dapat menghasilkan keputusan terbaik.
- Dapat mempertinggi kemampuan perusahaan dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada.
- Dapat memperbaiki pengertian pegawai atas penghargaan produktivitas dalam setiap perencanaan strategi.
- Dapat membuat manajemen perusahaan menjadi lebih peka terhadap ancaman eksternal.
- Dapat mencegah timbulnya masalah yang berasal dari dalam maupun luar perusahaan dan meningkatkan kemampuan perusahaan untuk menghadapi masalah.
- Membuat perusahaan dapat menjalankan semua aktivitas operasional secara lebih efisien dan efektif.
- Dapat membuat perusahaan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.
- Membuat perusahaan lebih profitable.
Proses dan Tahapan Manajemen Strategi
Menurut David (2011:6), tahapan atau proses manajemen strategis diantaranya:
Perumusan Strategi (Strategy Formulation), yaitu tahap awal yang mencakup pengembangan visi misi, pengidentifikasian peluang eksternal organisasi dan ancaman, penentuan kekuatan dan kelemahan internal, penetapan tujuan jangka panjang, menghasilkan strategi alternatif dan memilih strategi tertentu untuk mencapai tujuan.
Implementasi Strategi (Strategy Implemented). Penerapan strategi membutuhkan keputusan pihak berwenang dalam mengambil keputusan untuk menetapkan tujuan tahunan, menyusun kebijakan, memotivasi karyawan, dan mengalokasikan sumber daya sehingga strategi yang dirumuskan dapat dilaksanakan. Pada tahap implementasi strategi, dilakukan pengembangan strategi pendukung budaya, merencanakan struktur organisasi yang efektif, mengatur ulang usaha pemasaran yang dilakukan, mempersiapkan budget, mengembangkan dan utilisasi sistem informasi serta menghubungkan kompensasi karyawan terhadap kinerja organisasi.
Evaluasi Strategi (Strategy Evaluation), merupakan alat utama untuk memperoleh informasi. Hal ini bisa dilakukan dengan penilaian atau melakukan proses evaluasi strategi. Ada tiga aktivitas penilaian yang mendasar dalam penilaian strategi, diantaranya Peninjauan ulang faktor eksternal dan internal yang menjadi landasan bagi strategi saat ini, Pengukuran kinerja dan Pengambilan langkah korektif. Penilaian strategi sangat diperlukan perusahaan karena strategi yang berhasil untuk saat ini tidak selalu berhasil untuk di masa yang akan datang.
Itulah artikel tentang Manajemen Strategi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Proses dan Tahapan Manajemen Strategi Lengkap . Semoga bermanfaat.