Pengertian, Tujuan, Kegiatan, Manfaat dan Fungsi Manajemen Kepegawaian (Personel Management) Menurut Para Ahli – Pengertian Manajemen Kepegawaian (Personel Management) adalah proses pengolahan pegawai mulai dari perekrutan atau rekruitmen hingga PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) agar pegawai memberikan kontribusi besar pada lembaga dalam mencapai tujuan individu, lembaga dan masyarakat.
Sedangkan pengertian sistem informasi manajemen kepegawaian adalah sebuah sistem informasi manajemen yang berfungsi mengelola data, manajemen dan administrasi kepegawaian dari suatu instansi, perguruan tinggi maupun perusahaan.
Pengertian Manajemen Kepegawaian Menurut Para Ahli
Drs F.X Soedjadi,M.P.A
Menurut Drs F.X Soedjadi,M.P.A, Manajemen Kepegawaian adalah proses kegiatan yang harus dilakukan setiap pimpinan agar dapat tercapainya tujuan organisasi seimbang dengan sifat, hakikat dan fungsi organisasi dan juga sifat serta hakikat para anggotanya.
Drs. M Manulang
Menurut Drs. M Manulang, Manajemen Kepegawaian adalah suatu seni dan juga ilmu perencanaan, pelaksanaan, serta pengontrolan tenaga kerja untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan cara memberi kepuasan pada diri pekerja. Dengan kata lain, manajemen kepegawaian adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai cara bagaimana memberikan fasilitas untuk dapat mengembangkan kemampuan dan juga rasa partisipasi pekerja dalam suatu kesatuan aktivitas demi tercapainya suatu tujuan tertentu.
Tujuan dan Kegiatan Manajemen Kepegawaian
Tujuan manajemen kepegawaian yaitu untuk mencapai tujuan lembaga atau badan usaha yang sudah ditentukan sebelumnya. Tujuan tersebut bisa berupa hasil, produk maupun jasa. Untuk itu, tujuan ini disebut juga tujuan yang berorientasi pada hasil atau production oriented.
Sedangkan kegiatan dalam manajemen kepegawaian, diantaranya:
- Pengadaan sumber daya manusia, rekruitmen dan seleksi, orientasi dan penempatan pegawai.
- Pengembangan sumber daya manusia, kesejahteraan pegawai, konseling, pelatihan dan pendidikan, mutasi, rotasi, promosi, pemindahan, pelibatan dalam kegiatan dan lain sebagainya
- Pemanfaatan pegawai, motivasi, pemberhentian dan pemensiunan.
Tujuan penerapan sistem informasi manajemen kepegawaian yakni untuk mewujudkan suatu sistem informasi manajemen yang berintegrasi dalam jaringan komputer yang mampu menghasilkan informasi bermutu untuk menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian di lingkungan instansi/perusahaan.
Manfaat Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian
Adapun manfaat adanya sistem informasi manajemen kepegawaian, diantaranya yaitu:
- Memperoleh informasi pegawai yang cepat dan akurat.
- Mempermudah perekrutan pegawai.
- Mempermudah pembuatan laporan.
- Mengetahui pegawai yang akan naik pangkat dan yang akan mendapat kenaikan gaji berkala.
- Memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan kepegawaian seperti angka kredit pegawai.
- Mempermudah pemantauan pembagian cuti.
- Mempermudah pengelolaan beban kerja pada pegawai.
- Mempermudah presensi dan pemberian gaji pegawai.
- Bisa merencanakan penyebaran pegawai sesuai pendidikan dan kompetensinya.
- Bisa merencanakan kebutuhan pegawai.
Fungsi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian
Adapun fungsi sistem informasi manajemen kepegawaian, diantaranya yaitu:
- Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji dengan tepat waktu dan akurat.
- Menyediakan informasi pegawai yang akurat untuk keperluan perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian pegawai.
- Menghasilkan data kepegawaian yang mutakhir dan terintegrasi.
- Menjamin kualitas dan keterampilan sumber daya manusia.
- Membantu kelancaran pekerjaan dalam bidang kepegawaian, terutama dalam pembuatan laporan.
- Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
- Memperbaiki produktivitas sumber daya manusia dalam perusahaan.
Itulah artikel tentang Manajemen Kepegawaian : Pengertian, Tujuan, Kegiatan, Manfaat dan Fungsi Manajemen Kepegawaian (Personel Management) Lengkap . Semoga bermanfaat.